Tanda Kolesterol Tinggi Dilihat dari Lidah, Cek Sekarang

Ilustrasi Sakit Bagian Leher Akibat Kolesterol. (Dok. Pexel)

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh ternyata bisa dideteksi melalui warna lidah. Kolesterol biasanya muncul dengan gejala yang sering tidak disadari. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk mengenali tanda-tanda kolesterol.

Bila kadar kolesterol tinggi, timbunan lemak akan semakin mengembang di pembuluh darah sehingga bisa menyulitkan peredaran darah. Tingginya kadar LDL dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga memburuknya sirkulasi darah.

Lantas bagaimana cara mengecek kadar kolesterol dalam tubuh bila sudah tinggi?

Meskipun tidak terjadi pada semua kasus, lidah yang berubah warna menjadi ungu bisa menandakan kadar kolesterol yang tinggi. Berdasarkan ulasan dalam jurnal Frontiers in Medicine, lidah berwarna ungu mengindikasikan pembesaran pembuluh darah pada sublingual atau pembuluh darah di bawah lidah.

“Semburat ungu di lidah bisa berarti bintik-bintik statis darah di ujung dan pembuluh darah sublingual yang bengkok, tebal, dan gelap,” tulis Science Direct, dikutip dari Times of India, Senin (24/4/2023).

Dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu menandakan darah yang tidak bersirkulasi dengan baik dan penanda darah gagal memberikan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh.

Penyebab sianosis atau perubahan warna pada lidah cukup beragam. Biasanya, sianosis disebabkan masalah yang berkaitan dengan paru-paru atau jantung.

Selain perubahan warna lidah, gejala kolesterol tinggi juga bisa dilihat dari warna bibir. Bibir berwarna merah tua atau kebiruan juga bisa menandakan statis darah.

Namun, Anda juga perlu mewaspadai gejala lain ,seperti nyeri pada dada atau sensasi seperti ditusuk, sesak, dan palpitasi jantung atau kondisi dimana jantung berdetak dengan cepat.

Guna memastikan perubahan warna lidah atau bibir berkaitan dengan kolesterol tinggi, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*