Penyebab Anak Muda Mati Mendadak Meski Rajin Olahraga

Infografis/Waspada Masalah Jantung Setelah Pulih COVID-19/Aristya Rahadian

Kasus anak muda yang meninggal mendadak cukup sering terjadi. Kasus ini seringkali membuat orang-orang di sekitarnya kaget, apalagi jika orang tersebut dikenal memiliki gaya hidup sehat, seperti rajin olahraga.

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Vito A Damay dari RS Siloam Karawaci mengatakan bahwa kondisi itu terjadi karena kemungkinan orang tersebut sudah punya penyakit jantung bawaan, misalnya masalah katup jantung atau listrik jantung.

“Kenapa orang yang olahraga teratur atau kelihatan sehat-sehat saja bisa meninggal di usia muda? Ada dua sebab, pertama orangnya sudah punya penyakit jantung bawaan misalnya masalah katup jantung atau listrik jantung,” dr Vito A Damay,

Faktor pemicu lainnya adalah pola hidup tidak sehat. Tidak sedikit atlet atau orang yang terlihat hobi berolahraga memiliki riwayat darah tinggi. Kondisi ini terjadi karena pola makan yang tidak dijaga sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Lebih lanjut, dr Vito menambahkan, orang yang terlihat sehat-sehat saja bisa meninggal mendadak karena penyakit ini sebab dia tidak mengetahui risiko penyakit jantungnya sendiri. Mengecek risiko penyakit jantung salah satunya dilakukan dengan medical check up yang idealnya dilakukan sejak umur 20 tahun.

“Akhirnya karena merasa percaya diri karena sering olahraga, ya tinggal nunggu waktu aja, dan itu sering terjadi,” beber dr Vito.

Di samping itu, pencegahan kematian dini akibat penyakit jantung bisa dengan skrining atau deteksi dini. Pemeriksaan elektrokardiografi (rekam jantung) dan ekokardiografi dibutuhkan untuk mendeteksi dan identifikasi kelainan jantung sebelum seseorang berpartisipasi dalam latihan fisik atau olahraga.

Hal yang harus diperhatikan dalam evaluasi sebelum memulai aktivitas olahraga adalah riwayat penyakit, riwayat penyakit keluarga, level aktivitas fisik yang akan dijalani, serta latihan fisik sebelumnya untuk mencegah risiko meninggal saat berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*