Ganjar Dengar Keluhan Operator Perahu Ketek di Palembang soal BBM-Pinjaman

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Dermaga Pasar 6 Ilir Palembang, Sumatera Selatan. Di lokasi, Ganjar mendapat keluhan dari operator perahu ketek soal pinjaman.
Perahu ketek merupakan transportasi air yang digunakan masyarakat untuk melintasi Sungai Musi Palembang. Dermaga Pasar 6 Ilir berada di bawah Jembatan Ampera, salah satu ikon Kota Palembang.

Pantauan detikcom, Jumat (2/2/2024), Ganjar mengawali blusukannya dengan mengunjungi pedagang di Pasar 6 Ilir Palembang. Dalam kunjungannya itu, Ganjar sempat mencicipi mpek-mpek yang dijual salah satu pedagang kaki lima.

“Lemak nian,” teriak warga usai Ganjar menyeruput kuah mpek-mpek langsung dari mangkuk.

“Ini baru Presidenku,” kata warga lain menimpali.

Ganjar kemudian berjalan menuju Dermaga Pasar 6 Ilir yang berada di bawah Jembatan Ampera, salah satu ikon Kota Palembang. Ganjar sempat berdialog dengan operator perahu ketek.

Operator perahu ketek mengeluhkan sulitnya mendapat pinjaman uang atau kredit dengan bunga rendah. Uang pinjaman itu digunakan mereka untuk membeli solar dan biaya service ketek.

“Hari ini kita juga bertemu dengan para operator perahu ketek untuk perjalanan sungai, mereka memerlukan BBM dan (biaya) produksi mereka terlalu mahal akhirnya, dan keuntungannya menjadi sangat sedikit. Dengan pendapatan yang kecil maka dia tidak bisa merawat perahunya,” kata Ganjar, Jumat (2/2/2024).

“Dia (operator ketek) berharap untuk bisa dapat pinjaman dengan bunga rendah. Rasa-rasanya jadi menarik kalau kemudian mereka kita data dengan KTP saja maka berkaitan dengan KTP sakti itu bisa masuk, maka kelompok operator perahu ketek ini akan bisa diketahui,” tambahnya.

Ganjar menyarankan agar dibuat koperasi untuk operator ketek Sungai Musi. Agar kebutuhan dolar dan dana pinjaman dapat terpenuhi.

“Maka saya mintakan bapak ibu para operator perahu ketek buatlah koperasi nanti akan dapat pendampingan dan batuan dari pemerintah, maupun kita bisa berikan skema skema khusus kepada mereka yang usaha-usaha kecil ini, begitu kira-kira temuan hari ini,” kata Ganjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*