Awas Rugi! Ini Cara Bedakan Emas Palsu dan Asli

Awas Rugi! Ini Cara Bedakan Emas Palsu dan Asli

Emas. (Dok. Pixabay)

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang dianggap sebagai ‘safe haven’, karena memiliki karakter nilai lindung. Artinya harga emas akan sejalan dengan kenaikan inflasi.

Akan tetapi, sebagai satu instrumen investasi paling populer, penipuan terkait emas sering kali terjadi. Selain dalam bentuk skema investasinya, modus penipuan juga sering dilakukan dengan menerbitkan emas palsu.

Oleh karena itu, ada baiknya para pembeli juga mampu membedakan emas asli dengan emas palsu untuk menghindari kerugian.

Lantas bagaimana caranya https://sportifkas138.shop/ membedakan emas asli atau palsu?

1. Lihat Fisiknya

Cara membedakan yang paling mudah adalah melihat fisiknya. Ada ciri khusus dari emas asli. Misalnya emas keluaran PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) yang memiliki cap untuk menandakan kadar emasnya dengan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Gigit

Cara mudah lainnya adalah dengan digigit. Jika saat digigit ada bekas gigitan, maka merupakan emas asli dengan kadar tinggi.

3. Gosok Emas

Gunakan tangan kosong untuk menggosok emas agar bisa mengetahui asli atau tidaknya. Jika warnanya pudar, maka dapat dipastikan bahwa emas tersebut tidak asli alias palsu.

4. Gunakan Magnet

Emas adalah logam yang memiliki sifat non magnetis. Jadi jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik.

Makannya dengan menggunakan magnet bisa mengetahui apakah emas itu asli atau tidak. Cukup menempelkan saja ke magnet, jika tidak ketarik maka itu emas asli.

5. Goreskan ke Keramik

Cara identifikasi yang mudah dengan menggoreskan emas ke keramik. Jika tidak ada bekas maka emas terbesut bisa dibilang asli. Namun, ini bisa membuat emasmu menjadi rusak.

6. Cek ke Butik Logam Mulia

Tips lainnya yang anti ribet adalah cek langsung ke Butik Antam LM. Di sana dapat mengecek keaslian dari logam mulia tersebut. Nantinya ada petugas yang akan membantu untuk melakukan pengecekan.

7. Aplikasi CertiEye

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi CertiEye. Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone.

Caranya dengan mencocokkan kode batang yang terdapat di pembungkus emas. Meski demikian, ini hanya bisa dilakukan ke emas keluaran baru yang sudah memiliki kode batang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*