6 Kebiasaan Sehari-hari Orang IQ Tinggi yang Mudah Dikenali

Seorang pria naik ke jendela rumah sakit saat ibunya dirawat akibat Covid-19. (Tangkapan Layar Twitter @mhdksafa)

Tak hanya ditentukan melalui tes psikologi saja, orang-orang dengan IQ tinggi juga bisa dikenali lewat pola pikir dan perilaku sehari-harinya.

Para peneliti dunia membeberkan kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki IQ tinggi. Terdapat di antaranya 6 kebiasaan unik yang sering dilakukan.

Jika Anda memiliki IQ tinggi, Anda bisa mencocokkan kebiasaan unik berikut apakah sama dengan kebiasaanmu atau tidak, sebagai berikut:

1. Senang Menyendiri

Dua peneliti Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science mengungkapkan salah satu kebiasaan orang dengan IQ tinggi. Yakni senang menghabiskan waktu sendiri atau me time.

Mereka dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata juga ternyata cenderung tidak nyaman dalam keramaian.

Jakarta, CNBC Indonesia – Tak hanya ditentukan melalui IQ saja, orang-orang cerdas juga membuktikan kecerdasannya melalui pola pikir dan perilaku sehari-harinya.

Para peneliti dunia membeberkan kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki IQ tinggi. Terdapat diantaranya 6 kebiasaan unik yang sering dilakukan.

Jika Anda memiliki IQ tinggi, Anda bisa mencocokkan kebiasaan unik berikut apakah sama dengan kebiasaan kenalan Anda atau tidak, sebagai berikut:

1. Senang Menyendiri

Dua peneliti Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science mengungkapkan salah satu kebiasaan orang dengan IQ tinggi. Yakni senang menghabiskan waktu sendiri atau me time.

Mereka dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata juga ternyata cenderung tidak nyaman dalam keramaian.

2. Cenderung Berantakan

Kebiasaan lainnya adalah mereka cenderung berantakan. Menurut peneliti dari University of Minnesota, mereka yang berada dalam lingkungan berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan pada tempat yang rapi.

Sementara itu, profesor Cornell Robet J. Stenberg menyebutkan kecerdasan adalah kemampuan belajar dari pengalaman. Selain itu juga memahami serta menangani konsep abstrak, serta menggunakan pengetahuannya dalam rangka memahami lingkungan seseorang.

3. Sering Mengkritik Diri Sendiri

Berdasarkan studi tahun 1999 dari Cornell University, orang yang tidak kompeten tidak mengenali ketidakmampuan diri sendiri. Ini membuat penilaian diri mereka menjadi meningkat.

Fakta ini berbeda dengan pemikiran banyak orang yang menyebutkan orang cerdas memiliki kepercayaan diri tinggi. Namun ternyata studi itu menyebutkan orang yang kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka.

Mereka disebut tahu berapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Jadi orang cerdas cenderung mengkritik dirinya sendiri, bukan malah percaya diri.

4. Senang Hal Menantang

Orang cerdas juga disebut tidak merasa cepat puas dengan pencapaiannya. Mereka dengan IQ tinggi ternyata senang menantang dirinya sendiri untuk mencoba hal yang lebih ekstrem.

5. Sering Begadang

Mereka yang memiliki IQ tinggi juga tidak memiliki jam tidur yang banyak. Orang-orang tersebut akan menghabiskan waktunya dengan hal produktif.

Orang yang masuk golongan ini senang dengan suasana malam. Karena saat itu cenderung hening untuk berpikir dan merancang sesuatu.

6. Suka Berbicara Sendiri

Hal unik lainnya adalah mereka suka berbicara sendiri. Ini terjadi baik dalam hati maupun bentuk tulisan.

Kebiasaan tersebut ternyata meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman pola pikir. Jadi bukan berarti tidak waras, namun berbicara sendiri bisa dilakukan oleh orang jenius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*